Sungai Maiting Penguji Adrenalin

Posted by

Sungai Maiting Penguji Adrenalin


Sebuah desa yang terpencil di Kabupaten Toraja Utara yaitu Desa Ma'dong memiliki sebuah potensi yang sangat unik dalam menguji adrenalin.  Desa yang terletak di Kecamatan Dende Piongan Napo memiliki objek wisata air terjun dari Sungai Maiting sehingga dapat dijadikan sebagai lokasi arung jeram.  Olahraga arung jeram ini sangat cocok bagi pencinta wisata alam penguji adrenalin. 
Gambar 1, Sungai Mainting


Jika ingin menuju ke desa ini, perjalanan di mulai dari ibukota Kabupaten Toraja Utara, yaitu Rantepao.  Selanjutnya perjalanan di teruskan ke lokasi tersebut selama 1 jam menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar saju jam. Perjalanan dengan berjalan kaki untuk dari lokasi parkiran kendaraan di Desa Ma'dong ke sungai Maiting harus melewati berbagai tantangan salah satunya adalah dengan menuruni lembah. Menuruni sebuah lembah harus memilik konsentrasi yang tinggi karena dapat berakibat fatal apabila tidak berhati-hati dalam melewati tantangan tersebut. 

Sungai Ma'ting awalnya hanya digunakan sebagai kegiatan komersial dalam menunjang kegiatan harian masyarakat sekitar sungai. Namun, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sungai ini dapat pula dijadikan sebagai olahraga arum jeram yang sangat cocok untuk menguji adrenalin. Selain menguji adrenalin, panorama lain juga disajikan oleh alam yaitu tebing-tebing cadas yang menawan sepanjang arung di sungai tersebut. Semangat dalam menjalankan aktivitas juga iringi dengan udara segar dan sejuk dari pepohonan.

Gambar 2. Aktivitas Arung Jeram
Kegiatan berarung jeram ini membutuhkan waktu selama tiga jam sembil menerobos jeram-jeram kecil serta beberapa titik air terjun. Kegiatan berarung jeram ini berakhir di Desa Tamparan, Kecamatan Rantetayo, di Kabupaten yang sama yaitu Kabupaten Toraja Utara.  Walaupun tenaga terkuras cukup banyak saat berarung jeram di sungai ini, pengunjung juga tetap bisa menikmati petualangan karena suguhan alam yang luar biasa sehingga dapat menghilangkan perasaan lelah saat berolahraga tersebut.

Bagi penungjung yang ingin menikmati indahnya pemandangan dengan berarung jeram di Sungai Ma'ting ini, sebaiknya memulai perjalanan pada pagi harinya, karena di waktu ini udara terasa sangat segar dan dapat meningkatkan gairah untuk menguji adrenaln di sungai ini. Sepanjang perjalanan arung jeram, kita dapat menjumpai berbagai jenis fauna seperti iguana, angsa liar, kerbau, dan banyak fauna lainnya. Sebagai bentuk keamanan dan keselamatan, pengunjung dapat mengunakan jasa Rafting Toraja One Stop Adventur untuk menikmati arung jeram Sungai Ma'ting.  Selain wisata arung jeram pengunjung juga dapat menikmati wisata budaya khas Toraja yaitu Ma'badong. 


RER15 Updated at: 01.28

0 komentar:

Posting Komentar